Cara Membuat Web Service Kalkulator Part 3 - Membuat Aplikasi Client

Cara Membuat Web Service Kalkulator Part 3 - Membuat Aplikasi Client

Cara Membuat Web Service Kalkulator Pada Visual Studio - Selamat berjumpa kembali di blog Computernet-News ,pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai lanjutan dari pembuatan sebuah web service kalkulator. Dimana pada topik sekarang kita akan membuat sebuah aplikasi client yang dapat mengkonsumsi layanan atau method dari web service kalkulator. Oleh karena itu, bagi kalian yang dari awal mengikuti artikel ini dari bagian awal alangkah lebih mudah. Jika belum bisa membaca pada artikel sebelumnya.
Langkah sebelumnya kita terakhir pada pembuatan layanan atau method pada web service, kali ini ita akan membuat aplikasi clientnya, perhatikan langkah-langkah dibawah.

Tutorial Membuat Web Service Kalkulator


1. Buka aplikasi visual studio lagi, jadi pada desktop kita membuka 2 jendela aplikasi visual studio .Dimana jendela 1 yaitu sebagai webservice yang sudah running, satunya lagi untuk aplikasi clinet yang akan kita buat.
Membuat project baru aplikasi client
2. Buat sebuah project baru bernama "ClientKalkulator" dengan tipe windows form aplications . jangan lupa kita memakali net framework 3.5 sesuai web service yang sudah dibuat( seperti di gambar ).
Membuat Form Aplikasi Client Web Service
3. Kemudian buatlah form menjadi seperti gambar berikut 
From Aplikasi Client
Keterangan :
Keterangan Form
NB: sesuaikan dengan kebutuhan kalian sendiri tampilan formnya.

4. Mendambahkan Reference service pada aplikasi clientnya agar bisa menggunakan layanan pada web service yang sudah ada, dengan cara klik kanan pada project "ClientKalkulator" kemudian pilih Add Service Reference
Menambahkan Service Reference pada client
5. Setelah terbuka popup baru lalu pada namespace kita isikan "operatorservice" seperti digambar kemudian kita klik pada button advance .
Menambahkan Service Reference


6. Pada popup  Service Reference Setting bagian compaitibility kita pilih  Add Web Reference .
add web reference
7. Kemudian kita tambahkan URL dari web service yang sudah dibuat dan harus wajib berjalan/running, Pada Web Reference Name isikan "LayananOperator" kemudian klik Add Reference.
Add URL Web Service dan Nama Reference Web

8. Masuk ke tahapan pengcodingan, 2x klik pada form windows yang sudah dibuat kemudian isikan listing code seperti dibawah ini. Sesuaikan dengan action pada masing-masing button ( tambah,kurang,bagi,kali)


Source Code Form Aplikasi Client Kalkulator



Maka Hasilnya Seperti Berikut:
Code Aplikasi Client Kalkulator

9. Kemudian jangan lupa save terlebih dahulu, lalu kita runningkan program aplikasi clientnya pastikan web service sudah berjalan. Hasilnya :

Action Tambah

Action Bagi

Action Kali

Action Kurang

10. Program sudah berjalan

Bagaimana mudah bukan membuat sebuah webservice dan client yang bisa mengakses sebuah layanannya, kasus web service kalkulator hanya bentuk sederhana saja , bisa kalian kembangkan lagi dengan dasar ini pasti kalian sudah bisa membuat aplikasi lainnya berbasiskan web service , Sekian dari saya semoga bermanfaat Tutorial Web Service . Sampai bertemu kembali pada artikel selanjutnya.

Sekian.

0 Response to "Cara Membuat Web Service Kalkulator Part 3 - Membuat Aplikasi Client"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan.