Cara Membuat Web Service Kalkulator

Membuat Web Service SOAP - Kebutuhan akan adanya layanan yang menunjang berbagai aplikasi yang digunakan dalam kesearian kita tentunya sangat dibutuhkan di era komputerisasi sekarang. Topik kali ini akan membahas tentang suatu layanan/service berbasiskan web untuk memenuhi kebutuhan client aplikasi yang menggunakannya.

Alangkah baiknya kita mengetahuai apa itu web service ?

Web Service adalah sekumpulan method-method dan fungsi tertentu yang menyediakan layanan seinggan client berbasis web,desktop dan aplikasi komunikasi bergerak lainya bisa menggunakan layanan tersebut hanya dengan mengakses sekumpulan method dan fungsi di server web service. Web service memilik komponen pendukung untuk menjalankan layananya seperti XML,UDDI,WSDL dan SOAP.

Ilustrasi Web Service
Pada topik ini kita akan mencoba membuat sebuah web service dengan komponen SOAP dan membugankan bahasa pemrograman Visual C# , di sini kita menggunakan aplikasi Visual Studio untuk membuat web service dan aplikasi clientnya berbasis desktop.

Ilustrasi Kasus :

Web Service : Web Service Kalkulator
Layanan       : Menyediakan layanan Perhitungan ( Tambah, Kurang, Bagi, Kali)
Client           : Berbasis Desktop

Langkah Pembuatan Web Service Kalkulator 

1. Open Visual Studio ( disini saya menggunakan versi 2012 ).
2. Buatlah sebuah project baru lalu akan muncul popup baru kita pilih Visual C# -> Web -> ASP.NET Web Service Appliaction. 
Pembuatan WebService Kalkulator

Pembuatan WebService Kalkulator
NB: Pillih Framework 3.5 untuk webservice yang akan kita buat.

3. Seletah project webservice jadi coba kalian running terlebih dahulu supaya kita tahu apakah webservice berjalan atau tidak, dengan mengklik icon di atas.

Running Webservice

Webservice Sudah Running ( Default )

Jika sudah running seperti gambar diatas maka webservice kalian sudah berjalan dengan normal. Langkah selanjutnya membuat layanan yang akan diakses oleh si client.


Untuk langkah pembuatan fungsi/method layanan webservice bisa kalian baca pada artikel selanjutnya


Sekian.

0 Response to "Cara Membuat Web Service Kalkulator "

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan.