Tutorial Cara Install Codeigniter

Tutorial Cara Install Codeigniter
Cara Memasang Codeigniter Di Xampp

Cara install Codeigniter Pada Localhost - Codeigniter merupakan sebuah open source framework PHP dengan basis utama MVC ( model,view dan controller ). Dengan codeigniter para developer website bisa membangun sebuah web dinamis dengan mudah dengan memanfaatkan fungsi,class dan method-method yang sudah disediakan oleh codeigniter. Pada pembahasan kali ini kita akan memulai dengan menginstall codeigniter di xampp yang selanjutnya kita gunakan dalam mendevelop web keinginan kita.

Langkah-Langkah Memasang Codeigniter Di Xampp

1.Download codeigniter terlebih dahulu versi terbaru 3.0 di www.codeigniter.com
Tutorial Cara Install Codeigniter
Web Codeigniter


2. Sebelum memasang codeigniter di xampp pastikan kalian sudah meng install xampp localhost, jika belum maka instal terlebih dahulu.

3.Kemudian extrak file codeigniter yang berupa .zip menjadi sebuah folder yang nantinya kita pindahkan ke dalam xampp
Extrak file zip codeigniter

4. Lalu pindahkan folder yang sudah diextrak tadi ke dalam xampp tepatnya di folder htdocs , secara default folder xampp terinstall di drive C komputer kita (lihat gambar dibawah )
Pindahkan Codeigniter ke dalam folder htdocx di xampp

5. Pada tahapan ini kita sudah selesai memasang codeigniter pada xampp localhost di komputer kita. Selanjutnya kita akan mengetest apakah codeigniter sudah bisa berjalan dan digunakan atau tidak melalui browser.

6. Kita aktifkan terlebih dahulu apache pada xampp.
Aktifkan Apache Xampp

7.Kemudian buka web browser disini saya gunakan google chorme. lalu kita panggil alamat localhost pada URL browser dengan ditambahkan nama file folder codeigniter yang sudah kita pindahkan ke dalam folder HTDOCS di xampp. 
Codeigniter sudah berjalan
8. Jika sudah tampil seperti gambar no 7 diatas maka codeigniter sudah siap digunakan dalam localhost kita.

Demikian penjelasan tentang cara pasang codeigniter pada xampp di komputer kita, selanjutnya bisa kalian gunakan secara offline. Untuk postingan selanjutnya kita akan membahas tentang MVC(model,view dan controler) di dalam Codeigniter lebih mendalam. Terimakaasih semoga bermanfaat.

Sekian. 

0 Response to "Tutorial Cara Install Codeigniter"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan.