Array and Collection in C# or CShape

Array and Collection in C#
Apa itu array dan collection di C# - Pada kali ini saya akan sedikit membahas tentang array dan collection di pemrograman C# atau CShape, Setelah sebelumnya kita membahas dasar pemrograman C# yaitu pengenalan variable , class , abstract , polymorphism , method dan lainya, bisa kalian baca di postingan saya sebelumnya.



Pada pembahasan di artikel ini saya akan menjelaskan secara detail apa itu array dan apa itu collection di c#. jadi simak baik-baik penjelasan dibawah dengan baik guna sebagai dasara belajara pemrograman C# atau CShape.

A. ARRAY

Array adalah suatu struktur data yang dapat menyimpan data dengan tipe yang sama dan diakses dengan menggunakan suatu indeks yang menunjukan suatu elemen didalam array tersebut. Variabel yang disimpan didalam array ini disebut juga dengan elemen array dan tipe datanya disebut dengan tipe elemen dari array. Array masih termasuk kedalam bentuk polymorphism. Array dideklarasikan dengan cara:
Deklarasi Type Array
Type adalah tipe data dari array dan name adalah nama dari array, sedangkan tanda [ ] memberitahu C# untuk membuat variabel array. Tidak seperti bahasa lainnya dalam C# tanda [ ] harus diletakan setelah tipe data. Contoh:
Int [ ] nilaiSiswa;
String [ ] namaSiswa;
Float [ ] hargaBarang;


B. INISIALISASI ARRAY

Setelah mendeklarasikan array, selanjutnya kita harus memberikan nilai awal (inisialisasi) array dengan menentukan jumlah anggotanya. Ada dua cara umum untuk melakukan inisialisasi array, yaitu: 
  • Menggunakan operator new 

Operator new digunakan untuk memberikan inisialisasi sebuah variabel bertipe referensi. Sintaksnya adalah:
 inisialisasi sebuah variabel bertipe referensi
Contoh:
Int [ ] nilaiSiswa = new int[5];
String [ ] namaSiswa = new string[100];
Float [ ] harga = new float[15];

inisialisasi memperlihatkan bahwa variabel nilaiSiswa berjumlah 5 elemen. Untuk mengakses setiap elemen dalam array, Anda dapat mengakses nomor indeks sebagai penunjuk. Setiap variabel array dimulai dengan nomor indeks nol (0) dan indeks elemen terakhir adalah jumlah elemen dikurangi satu. Contoh:
nilaiSiswa[0] = 75;
nilaiSiswa[1] = 80;
nilaiSiswa[5] = 90;

  • Langsung memberikan nilai awal

Cara lain memberikan nilai awal pada variabel array adalah dengan menempatkan secara langsung nilai kedalam blok yang menggunakan tanda kurung kurawal buka dan tutup. Contoh:
nilaiSiswa = {75,80,60,75,90};


C. ARRAY MULTIDIMENSI

Array multidimensi adalah sebuah array yang dapat menyimpan lebih dari satu indeks (baris dan kolom). Array multidimensi memiliki dua tipe: 
  • Array persegi empat (rectangular array); pada array ini jumlah baris dan kolom sama. Cotoh jumlah barisnya 3 maka jumlah kolomnya juga 3. 
  • Array bergerigi (jagged array); pada array ini jumlah baris dan kolom tidak harus sama.
Array Berdimensi 2x3 array persgi empat

Contoh array multidimensi yang mempunyai 2 baris dan 3 kolom:
Int [,] dimensi23;
dimensi23=new int[2,3];
dimensi23[0,0] = 10;
dimensi23[0,1] = 30;
dimensi23[1,2] = 60;
Bila Anda memiliki sebuah array dengan dimensi 2X3 itu berarti indeks barisnya hanya sampai 1 (dua elemen), sedangkan indeks kolomya sampai 2 (tiga elemen).

D. COLLECTION

Collection, seperti tergambar dari namanya berfungsi sebagai container untuk menyimpan sekumpulan object, collection hampir mirip dengan konsep array. Untuk mengakses data didalam collection biasanya dilakukan dengan melakukan iterasi terhadap data yang ada didalam collection atau dapat juga diakses dengan menggunakan indeks atau indexer.
Pada .Net framework, tersedia beberapa class yang khusus disediakan sebagai tempat menyimpan dan mengambil kumpulan data (collection of data). Beberapa dari class tersebut adalah Array, List, Queue, dan Stack.

1. List
Pada dasarnya, fungsi list serupa dengan array. Perbedaannya adalah bahwa list lebih bersifat dinamis. Jika seorang programmer membuat sebuah array satu dimensi berukuran 10, maka array tersebut akan terus berukuran 10 meskipun programmer hanya menggunakan 5 elemen, dan programmer tidak dapat menghilangkan 5 elemen sisanya. Berbeda dengan array class list memiliki method untuk menambahkan dan mengurangi elemen dari list. Dengan demikian, tidak aka nada memori yang terbuang karena tempat penyimpanan data yang tidak terpakai bisa dihapus.
2. Queue
Queue juga adalah sekumpulan data yang merepresentasikan sebuah antrian. Queue juga dapat menambahkan dan mengurangi data seperti dalam list. Perbedaannya terletak pada cara menambah dan mengambil data. Queue selalu menambahkan elemennya pada akhir dari queue dan mengambil elemennya pada awal queue (seperti sebuah antrian pada umumnya).
Ilustrasi Queue
3. Stack
Stack adalah kumpulan data yang merepresentasikan sebuah tumpukan. Seperti list dan queue, sebuah stack juga dapat menambahkan dan mengurangi elemen pada dirinya. Bedanya dengan queue adalah bahwa stack menambahkan dan mengurangi elemen dari awal/ depan/ atas sebuah stack (seperti pada tumpukan). Seperti ilustrasi berikut:
Ilustrasi Stack
4. String Collection
String collection adalah salah satu collection yang digunakan khusus untuk menyimpan data bertipe string. Keuntungan menggunakan collection ini adalah tidak diperlukan untuk melakukan konversi data dari object menjadi string, karena collection secara umum menyimpan dan membaca data bertipe object.


E. PERULANGAN FOREACH

Perulangan yang satu ini spesial, dan sengaja dibahas terpisah dengan perulangan yang lain karena penerapannya berbeda. Perulangan ini sangat membantu melakukan perulangan pada array. Penulisan foreach adalah:
Perulangan Foreach
Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  • Variabel yang digunakan untuk menampung elemen array dalam perulangan foreach bersifat readonly
  • Anda tidak dapat mengubah elemen array melalui variabel ini. 
  • Foreach dapat digunakan untuk melakukan perulangan pada array atau collection, yang dimaksud collection disini adalah semua class atau interface. 
  • Class string juga merupakan koleksi dari sekumpulan karakter.
Bagamana penjelasan tentang array dan collection di C# , cukup detailkan , jika ada yang masih bingun bisa ditanyakan dikolom komentar dibawah. Mungkin sekian pembahasan untuk kali ini, nantikan artikel tentang belajar pemrograman C# lengkap . Sekian

Terimakasih.

0 Response to "Array and Collection in C# or CShape"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan.