Mengenal Jenis-Jenis dan Alasan Pembuatan Virus Komputer

Jenis-jenis dan alasan pembuatan virus

Jenis-Jenis Virus Komputer - Mendengar kata virus, maka yang kita pikirkan adalah musuh yang paling menyebalkan untuk komputer kita. Virus juga merupakan salah satu program komputer yang bersifat jahat. Dalam pemakaian komputer, seringkali kita tidak menyadari bahwa ada program yang dapat menggangu kerja dari sistem komputer. Itu yang dinamakan virus komputer. Berikut adalah jenis-jenis virus:

1. Virus Compiler

Virus yang sudah di-compile sehingga dapat dieksekusi langsung. Ini adalah virus yang pertama kali muncul di dunia komputer, serta mengalami perkembangan pesat sekarang. Virus pertama ini sangat sulit dibasmi karena dibuat dengan bahasa rendah, assembler. Memang bahasa ini sangat cocok untuk memnuat virus, namun sangat susah menggunakannya. Keunggulan dari virus ini adalah mampu melakukan hampir semua manipulasi yang tidak selalu dapat dilakukan oleh virus jenis lain.

2. Virus File

Virus ini memanfaatkan file untuk dijalankan / dieksekusi secara langsung. Biasanya file .exe atau .com. Tapi bisa juga menginfeksi file .SYS, .DRV, .BIN, .OVL dan .OVY. Jenis virus ini dapat berpindah ke semua jenis media penyimpanan (flashdisk / hdd external) dan menyebar dalam sebuah network/jaringan .

3. Virus Sistem

Virus ini lebih dikenal sebagai virus boot. Kenapa demikian ? Karenan virus ini memanfaatkan file-file yang dipakai untuk membuat sistem komputer. Virus ini sering terdapat di disket (Semua media penyimpanan) yanpa sepengetahuan kita. Saat akan menggunakan komputer / booting , maka virus yang tersimpan di media penyimpanan akan menginfeksi Master Boot Sector dan System Boot Sector.

4. Virus Boot Sector

Virus yang memanfaatkan hubungan antar komputer dan tempat penyimpanan untuk penyebarannya. Apabila pada boot sector terdapat suatu program yang mampu menyebarkan diri dan mampu tinggal di memory selama komputer bekerja, maka program tersebut dapat disebut virus. Virus boot sector terbagi dua yaitu:
   a. Virus yang menyerang media penyimpanan.
   b. Virus yang menyerang media dan tabel partisinya.

5. Virus Dropper

Suatu program yang dimodifikasi untuk menginstall sebuah virus komputer yang menjadi target serangan. Setelah terinstall, virus akan menyebar tetapi dropper tidak ikut menyebar. Dropper bisa berupa file seperti readme.exe atau melalu command.com yang menjadi aktif ketika program berjalan. Satu program droppper bisa terdapat beberapa jenis virus.

6. Virus Script atau Batch

Semula virus ini terkenal dengan nama virus bactch seperti yang dulu terdapat di file batch di DOS. Virus script biasanya sering didapat dari internet karena kelebihannya yang fleksibel dan bisa berjalan pada saat kita bermain internet. Virus jenis ini biasanya menumpang pada file HTML dibuat dengan mengunakan fasilitas script seperti javascript, VBscript atau gabungan antar script yang mengaktifkan program active-X dari microsoft internet explorer.

7. Virus Macro

Virus yang dibuat dengan memanfaatkan fasilitas pemrograman modular pada suatu program aplikasi seperti MS Word, MS Excel, Corel Word Perfect, dsb. Walaupun virus ini terdapat di dalam aplikasi tertentu, tetapi bahaya yang ditimbulkan tidak kalah berbahayanya dari virus lain.

8. Virus Polymorphic

Virus ini dapat dikatangan virus yang sangat cerdas karena dapat mengubah strukturnya setelah melaksanakan tugas. Sehingga akibatnya, virus ini sulit terdeteksi oleh antivirus.

9. Virus Stealth

Virus ini menggunakan cara cerdik yakni dengan memodifikasi struktur file untuk menyembunyikan kode program tambahan didalamnya. Kode ini memungkinkan virus dapat menyembunyikan diri. Semua jenis virus lain juga memanfaatkan kode ini. Ukuran-ukuran file tidak berubah setelah virus menginfeksi file.

10. Virus Companion

Virus jenis ini mencari file .EXE untuk membuat sebuah .COM dan menyalin untuk meletakan virus. Alasannya, file .COM berjalan sebelum file .EXE.

11. Worm

Worm adalah program yang bersifat parasit karena dapat menduplikasi diri. Akan tetapi, worm tidak serupa dengan virus karena tidak menginfeksi program komputer lainnya. Karena itu, worm tidak digolongkan ke dalam virus. Mainframe adalah jenis komputer yang sering diserang worm. Penyebarannya pada komputer lainya melalui jaringan. Dalam perkembangannya, Worm mengalami mutasi genetik sehinggan selain membuat file baru, akan berusaha menempelkan dirinya ke suatu file. Worm bisa disebut virus hybrid.

12. Virus Hybrid

Virus ini memiliki 2 kemampuan. Virus ini biasanya masuk ke boot sector dan ke file. Salah satu contoh virus ini adalah virus Mystic yang di buat di indonesia.

13. Tjoran Horse

Virus yang sering disebut dengan virus kuda troya ini tidak menyebabar seperti yang lain. Karena itu, tjoran horse tidak tergolong virus walaupun karakteristiknya sama. Tjoran horse menginfeksi komputer melalui file yang kelihatanya tidak berbahaya dan biasanya menampakan sesuatu yang berguna. Namun akhirnya virus menjadi berbahaya, Misalkan melakukan format disk.

Alasan pembuatan virus
 
Kini saaynya kita untuk mengetahui apa yang menjadi alasan seseorang dalam membuat virus.Ada ratusan bahkan ribuan virus baru bermunculan setiap tahunnya. Dengan semakin seiring perkembangan teknologi komputer, berkembang pula kecanggihan sebuah virus. Bahkan kini penyebaran virus bisa terjadi dengan lebih cepat ke seluruh dunia melalui akses internet yang semakin luas. Berikut adalah  berbagai alasan sesorang selalu berupaya membuat virus baru untuk disebarkan ke seluruh dunia:

  a. Digunakan sebagai objek penelitian
  b. Tidak mau kalah dengan pembuat antivirus
  c. Kekurangan lapangan pekerjaan bagi program otodidak
  d. Banyaknya celah keamanam pada OS atau program-program lain.
  e. Ingin terkenal dan dikenal
  f. Mencuri dan merusak data
  g. Dendam dan kecewa
  h. Kiddies
  i. Iseng

Demikian ulasan beberapa virus yang sering menyerang komputer dan alasa mengapa dibuat. , dilihat dari karakteristik masing masing virus bisa membuat kita lebih berhati-hati dan saran saya gunakan antivirus yang selalu update. Jika ada yang ditanyakan silahkan berkomentar di bawah. Semoga menambah wawasan kita semua artikelnya.

Terimakasih.

4 Responses to "Mengenal Jenis-Jenis dan Alasan Pembuatan Virus Komputer"

  1. Kalo alasannya cuma iseng parang banget tu orang..

    www.dripost.xyz

    ReplyDelete
  2. Gila... banyak sekali jenis virus, bahaya nih. Harus lebih hati-hati. thanks gan

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan.