Cara Membuat Web Service Kalkulator Part 2 - Pembuatan Method Layanan

Cara Membuat Web Sservice 

Membuat Web Service Di Visual Studio - Baik pada pembahasan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan dari pembuatan web service kalkulator sebelumnya. Bagi kalian yang belum membaca bagian pertama dalam pembuatan web service bisa baca di artikel di bawah.

Cara Membuat Web Service Kalkulator Part 1

Baik kita fokus pada topik kali ini, langkah selanjutnya setelah melakukan tahapan pada pembuatan web service part 1, kita akan membuat method atau fungsi sebagai layanan yang disediakan web service untuk bisa di akses oleh client. Syarat untuk melakukan tahapan ini yaitu sudah melakukan langkah-langkah membuat web service pada bagian part 1 yang sudah saya jelaskan sebelumnya.


Langkah-Langkah Membuat Web Service Kalkulator Part 2

1. Kita harus meng Edit file service1.asmx.cs dengan ditambahkan method layanan untuk kalkulatornya seperti  jumlah, bagi, kali dan kurang.

Berikut Source Codenya:


Hasilnya:
Menambah Method Di Service.asmx

2. Kemudian kita running , apa bila layanan sudah seperti gambar dibawah maka method tersebut sudah bisa kita gunakan untuk di akses pada client nantinya.
Layanan Service Kalkulator
Dapat diperhatikan gambar diatas, web service beralamat URL: http://localhost:12780/Service1.asmx ,yang akan kita gunakan untuk pemanggilan di aplikasi clientnya dengan cara menambahkan referencenya.

Untuk langkah selanjutnya yaitu membuat aplikasi client yang dapat mengkonsumsi method yang telah kita buat pada web service. Bisa dibaca pada artikel selanjutnya

Cara Membuat Web Service Kalkulator Part 3 - Pembuatan App Client Kalkulator
Sekian.


2 Responses to "Cara Membuat Web Service Kalkulator Part 2 - Pembuatan Method Layanan"

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan.